Selasa, 10 Mei 2016

Pudding Coklat Sederhana Lembut Istimewa

Saya tidak suka jelly, tapi saya suka pudding. Suatu ketika saya lihat ada 1 sachet nutrijel coklat, 1 sachet dancow, 1 pouch tepung maizena dan coklat bubuk di dapur, maka saya coba membuat nutrijel itu menjadi pudding dengan bahan sederhana. Ternyata lembut dan saya suka sekali. Puddingnya saya buat tidak terlalu manis, sebab fla nya sudah manis.

Bahan-bahan :

  1. 1 sachet nutrijel coklat
  2. 1 sachet susu dancow vanilla
  3. 2 sdm coklat bubuk
  4. 2 sdm tepung maizena (larutkan dengan segelas air)
  5. 6 sdm gula pasir (boleh kurangi/tambahkan sesuai selera)
  6. 4 gelas air (1 liter air). 1 gelas air untuk melarutkan tepung maizena
  7. 1 sachet vla nutrijel + 200ml air 70°c

    Langkah-langkah :

    1. Campurkan seluruh bahan kecuali larutan maizena & vla. Aduk hingga rata di dalam panci tanpa dipanaskan. Bila telah tercampur rata tanpa ada gumpalan panaskan diatas api sedang.
    2. Jika sudah hampir mendidih masukan larutan maizena dan aduk satu arah hingga mendidih. Matikan api, angkat lalu hilangkan uap panasnya sambil diaduk. Kemudian masukkan kedalam wadah sesuai keinginan, di cup kecil atau cetakan pudding. Saya menggunakan jar bekas selai strawberry & selai kacang yang sayang dibuang.
    3. Sambil menunggu pudding menjadi suhu ruangan. Larutkan vla nutrijel sachet dengan 200ml air 70°C. Bisa menggunakan air panas dispenser atau air termos. Masukan bubuk fla di dalam wadah seperti gelas kemudian tambahkan air panas, aduk merata hingga vla kental dan lembut. Hilangkan uap panasnya, dinginkan pada suhu ruang. Jika sudah, vla bisa ditutup rapat dan dimasukkan ke kulkas bersama pudding.
    4. Pudding coklat beserta vla nikmat sekali disajikan dalam keadaan dingin.
      Selamat Mencoba. . .
       
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar