Rabu, 04 Mei 2016

Brownies Kentang Kukus (Choco Potato Moist Cake)



Pengen nyiapin cemilan buat suami saat pulang? Pengen bikin cake, tapi tidak punya tepung lalu searching resep kue dari kentang. Teksturnyaaa moist banget karena sedikit tepung. Maizenaku tinggal 1sdm pas banget. Maybe, kalau maizenanya aku tambah takaran teksturnya akan lebih kuat. But this cake is soo deliciousooo after all..

Bahan-bahan :

  1. 1/4 kg kentang
  2. 1 butir telur
  3. 3 sdm gula halus (sesuaikan selera/ bisa dskip)
  4. 3 sdm madu sesuaikan selera
  5. 1 sdt vanila bubuk
  6. 1 sdm tepung maizena
  7. 5 sdm minyak goreng (+/- 75ml)
  8. 3 sdm coklat bubuk
  9. 2 sdm air (bisa dilewati)

Cara Pembuatan :

1.      Kukus kentang lalu haluskan, lalu biarkan alat pengukus dalam mode on ya sekalian memanaskan. Sebaiknya menghaluskannya pakai blender, kocok telur sampai mengembang dan kaku dengan kecepatan sedang.
2.      Setelah telur set, masukkan gula dan madu. Biarkan tercampur semua, kecepatan masih sedang.
3.      Lalu masukkan coklat bubuk, tepung maizena dan vanilla bubuk. Kocok dengan speed no.1
4.      Masukkan kentang ke dalam adonan sambil terus diaduk. Masukkan kentang sdikit demi sedikit. Naikkan speed menjadi medium.
5.      Masukkan minyak lalu air..
Sekiranya kentang dikukus dan dihancurkan sudah encer, air bisa dilewati. Kocok terus adonan dengan speed medium hingga tercampur dan halus merata.
6.      Siapkan loyang atau wadah. Olesi dengan sedikit minyak goreng.
7.      Tuang adonan yang sudah siap lalu kukus selama 30-35 menit. Cek kematangan dengan menusuk adonan apakah masih basah atau sudah set.
Tutup penutup kukusan pake kain yang bersih ya..

Kue akan mengembang saat panas..Biarkan dingin dulu, karena ini kuenya mudah hancur jika panas. Sudah dingin, sajikaan deeeh, hemmm rasanya kaya brownies emang tapi teksturnya lembut banget. Aku ngukus pakai rice cooker dan wadahnya pakai Tupperware. Selama ngukus berdoa agar my tuppy selamat nggak meletot atau meleleh. And... it's safe after all :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar