Kamis, 28 April 2016

Bakpao Coklat ala Anak Kos, Gampang dan Murah


Selamat malam,kali ini postingan blog merry pertama kali :)
Waktu itu aku lagi pengen banget makan bakpao gara-gara ngeliat tukang bakpao di Alun-Alun Taman Merdeka(ATM) kota Pangkalpinang.

Nah, karena emang dari dulu sukanya eksperimen, akhirnya aku dan mega teman kos-kosanku nyoba bikin bakpao sendiri berbekal resep yang aku dapat juga di cookpad. Dengan sedikit modifikasi, jadilah bakpao ala-ala anak kosan ini hihihi...





Nah inilah resep yang paling sesuai. Penasaran? yuk langsung saja kita lihat resepnya..
Bakpao Coklat ala Anak Kos, Gampang dan Murah ini hanya membutuhkan 7 macam bahan. Bahan-bahan pembuatanya adalah sebagai berikut:

  1. 6 sdm tepung terigu segitiga biru
  2. 2 sdm gula pasir
  3. 3/4 sdt garam
  4. 1 1/2 sdt fermipan atau ragi instan
  5. 3/4 sdt mentega blue band
  6. meses coklat terserah kamu. Bisa juga pake coklat batang (misal: silverqueen) kalo mau lebih mantap
  7. secukupnya air minum

Instruksi Pembuatan : 

1.Siapkan semua bahan, lalu masukkan terigu, gula, garam, fermipan, dan mentega ke dalam wadah. Aku saranin sih wadah yang cukup besar buat adonannya..
 

   
2.Selanjutnya, aduk deh semua bahan di baskom itu pakai tangan sampai kecampur, terus pelan-pelan tambahkan air. Pelan-pelan aja ya, dan jangan kebanyakkan! Kalo kebanyakan (kayak yang aku lakukan) adonannya jadi super lengket dan super lama ngadonnya.





3.Nah, habis di adon sampai nggak lengket di tangan dan siap dibentuk, bagi adonannya jadi 5-6 bulatan, terus tutup atasnya pake serbet dan biarkan mengembang selama kurang lebih 15 menit.




4.Selanjutnya, ambil salah satu adonan, pipihkan, terus isi deh pake meses coklat, tutup, dan bulatkan lagi! Oiya, sambil ngisi para bakpao dengan coklat, kita bisa panasin air dan kukusannya di dalam magic com dengan mode cook.


5.Setelah semua bakpao sudah terisi coklat, cek apakah air di magic com udah beruap atau mendidih.. Kalo udah, kita susun aja bakpaonya di dalam kukusan.
Kukus selama kurang lebih 15 menit, dan jadi dehhhhh! Nyam-nyamm..

Selamat Mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar